WartaTrip.com » Yogyakarta » Gunung Kidul » Pantai Kukup Gunung Kidul. Harga Tiket, Daya Tarik, Alamat & Rute

Pantai Kukup Gunung Kidul. Harga Tiket, Daya Tarik, Alamat & Rute 4.38/5 (13)

Pantai-Kukup

WartaTrip.com – YOGYAKARTA. Berbicara mengenai tempat wisata di Gunung Kidul, pasti tak lepas dengan deretan pantai yang indah dan eksotis, salah satunya Pantai Kukup Gunung Kidul.

Pantai Kukup memang sudah cukup populer di kalangan pecinta pantai. Selain deburan ombaknya yang gahar, di pantai Kukup juga terdapat sebuah Pulau Karang yang menjadi gardu pandang untuk menikmati view pantai dari ketinggian.

Karena saking populernya, hampir setiap hari pantai ini selalu ramai wisatawan. Nah, bagi sobat Tripper yang berencana untuk wisata ke Pantai Kukup Gunung Kidul, simak info lengkapnya berikut ini, yuk!

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup Gunung Kidul

Pantai Kukup Gunung Kidul
Credit: Instagram.com/ekanurrodotulj_

Harga tiket masuk Pantai Kukup sebenarnya cukup murah, hanya sebesar Rp 10.000 per orang baik weekdays maupun weekend.

Tiket masuk itu sobat Tripper bayar saat memasuki gerbang utama kawasan pantai dan sekaligus menjadi tiket masuk beberapa pantai di kawasan tersebut.

Namun saat sampai di Pantai Kukup, sobat Tripper masih perlu membayar tiket parkir untuk parkir kendaraan. Untuk sepeda motor tiket parkirnya sebesar Rp 2.000 dan untuk mobil sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk bus, tiket parkirnya sebesar Rp 10.000.

HARGA TIKET PANTAI KUKUP GUNUNG KIDUL
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 3.000
Parkir MobilRp 5.000
Parkir BusRp 10.000

Jam Operasional Pantai Kukup

Deretan pantai di Gunung Kidul bisa sobat Tripper kunjungi kapanpun karena tidak memiliki aturan khusus mengenai kapan boleh dikunjungi dan tidak boleh dikunjungi.

Namun pada umumnya, ketika hari sudah petang, para pengunjung akan pulang dengan sendirinya. Bukan karena objek wisatanya ditutup, ya.

Tapi karena kondisi jalannya yang masih minim penerangan. Kondisi jalan yang tidak begitu lebar, ditambah lagi jalannya yang berkelok-kelok, serta dikelilingi perkebunan membuatnya cukup seram bila dilalui saat malam hari.

Jadi, sebaiknya sobat Tripper datang ke Pantai Kukup saat langit masih cerah. Yakni antara subuh hingga matahari mulai tenggelam.

Alamat & Lokasi Pantai Kukup

Ombak Pantai Kukup Gunung Kidul
Credit: Instagram.com/ekosaputro.my.id

Pantai Kukup berada di alamat Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Ngrawe (Pantai Mesra) dan Pantai Baron Gunung Kidul.

Dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Kukup berjarak sekitar 62 kilometer dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam 45 menit.

Rute Menuju Pantai Kukup Gunung Kidul

Pantai Kukup Gunung Kidul
Credit: Instagram.com/febrianndev_

Ada beberapa rute yang bisa sobat Tripper akses untuk menuju ke Pantai Kukup. Tapi, yang akan kita bahas kali ini adalah rute via Wonosari.

Dari Kota Yogyakarta, arahkan kendaraan menuju Jl. Mataram dan ambil jalur menuju ke Jl. Wonosari.

Tetap arahkan kendaraan di Jl. Wonosari hingga ke Jl. Nasional III.

Di Jl. Nasional III sobat Tripper tinggal lurus aja sampai menemukan SPBU Siyono dan Bundaran Siyono. Di situ sobat Tripper belok kanan menuju ke Jl. Kyai Legi – Jl. Raya Wonosari-Paliyan.

Kemudia, sobat Trip tinggal lurus saja hingga memasuki Jl. Pantai Selatan Jawa.

Setelah itu tinggal ikuti jalan menuju Pantai Kukup dengan mengikuti papan petunjuk arah yang sudah disediakan sampai sobat Tripper tiba di area parkir pantai yang ditandai dengan Gerbang bertuliskan Pantai Kukup.

Untuk memudahkan sobat Tripper dalam perjalanan menuju ke Pantai Kukup, silahkan ikuti petunjuk arah dari Google Maps berikut ini.

Daya Tarik Pantai Kukup

Bukan tanpa alasan kenapa Pantai Kukup bisa sepopuler itu. Tentunya terdapat berbagai daya tarik tersendiri sehingga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Kukup.

Dari berbagai pesona yang ditawarkan oleh Pantai Kukup Gunung Kidul, berikut beberapa diantaranya;

Pulau Karang Pantai Kukup Gunung Kidul

Pulau Karang Pantai Kukup
Credit: Instagram.com/rz.vibes

Di Pantai Kukup terdapat Pulau Karang yang menjadi daya tarik utama dari pantai ini. Pulau karang ini bisa sobat Tripper akses menggunakan jembatan yang tersedia untuk mendapatkan view pantai dari ketinggian.

Istirahat di Gardu Pandang yang ada di Pulau Karang ini suasananya cukup enak. Sambil beristirahat, sobat Tripper bisa menikmati indahnya Pantai Kukup bersamaan dengan tiupan angin yang cukup kencang.

Spot Foto yang Memesona

Foto Pantai Kukup
Credit: Instagram.com/gunadieko

Dengan adanya Pulau Karang tersebut, sobat Tripper bisa mendapatkan view pemandangan pantai yang sangat memesona. Di sini sobat Tripper bisa foto-foto sepuasnya dengan latar belakang pemandangan pantai dari ketinggian.

Melihat Aneka Biota Laut

Lihat biota laut
Credit: Instagram.com/jejakkenzie

Saat air laut sedang surut, sobat Tripper bisa dengan mudah melihat aneka biota laut di pinggir pantai. Seperti bulu babi yang berwarna hitam, ikan-ikan kecil, kerang serta alga laut, dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata yang Pas Untuk Keluarga

Bermain air di Pantai Kukup
Credit: Instagram.com/jejakkenzie

Pantai Kukup bisa menjadi pilihan yang tepat bila sobat Tripper wisata bersama keluarga dengan mengajak serta anak-anak. Di sini sobat Tripper bisa mengajak anak-anak bermain air sambil berburu biota laut di pinggir pantai menggunakan jaring dan ember kecil.

Jika sobat Tripper tidak membawa peralatan, di sekitar pantai sudah ada banyak penjual ember dan jaring yang bisa sobat Trip beli untuk bersenang-senang bersama anak.

Fasilitas di Pantai Kukup

Pemandangan Pantai Kukup
Credit: Instagram.com/ekosaputro.my.id

Untuk menunjang kenyamanan berwisata, pihak pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas yang memadai. Seperti area parkir yang cukup luas, spot foto yang dihiasi beberapa properti, toilet, hingga musholla.

Di lokasi juga sudah tersedia beberapa warung yang menjajakkan makanan ringan dan minuman. Seperti pop mie, cemilan makanan laut, kelapa muda segar, hingga minuman kemasan botol.

Tips Berkunjung ke Pantai Kukup Gunung Kidul

Foto di jembatan Pulau Karang Pantai Kukup
Credit: Instagram.com/yun.ie_
  • Kawasan Pantai Kukup memang cukup panas. Tetapi sebelum sampai di pantai, sobat Tripper akan menempuh perjalanan yang melewati perbukitan dengan suhu khas pegunungan. Jika sobat Tripper datang menggunakan motor, sebaiknya kenakan pakaian yang sekiranya hangat.
  • Waktu terbaik mengunjungi Pantai Kukup adalah pagi hingga sore. Bukan karena objek wisatanya yang tutup. Tapi jalan menuju lokasi yang masih minim penerangan serta jalannya yang sangat berkelok menjadikannya cukup seram saat dilewati pada malam hari.
  • Cek kendaraan sebelum berangkat. Karena sobat Tripper akan menempuh perjalanan yang berkelok dan naik turun yang cukup ekstrim.
  • Tingkatkan kewaspadaan ketika mengemudi jika sobat Tripper berangkat pagi-pagi. Terkadang kabut masih tebal meski hari sudah menjelang terik. Hati-hati, ya!
  • Karena Pantai Kukup merupakan pantai dari Laut Selatan Jawa, maka ombak di sini cukup besar. Oleh karena itu tetap waspada dan hati-hati ketika bermain air, ya. Terlebih jika sobat Tripper datang bersama anak-anak. Jangan sampai mereka lepas dari pengawasan.
  • Sewa tikar harganya Rp 20.000. Tapi jika sobat Tripper benar-benar membutuhkan tikar, lebih baik jangan menyewanya. Mendingan pergi ke warung-warung pinggir pantai dan beli kelapa muda seharga Rp 15.000. Dengan begitu sobat Tripper akan mendapatkan kelepa muda tersebut plus fasilitas tikar untuk minum kelapa muda dan menikmati susana pantai.
  • Karena sudah sampai di Pantai Kukup, sebaiknya kunjungi juga pantai yang ada tepat di sebelahnya, yaitu Pantai Ngrawe atau yang sering disebut Pantai Mesra. Hanya perlu jalan kaki, kok.

Tempat Wisata Dekat Pantai Kukup Gunung Kidul

Apabila sobat Tripper ingin lanjut meng-eksplore pantai di Gunung Kidul, tak jauh dari Pantai Kukup ada tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bernama Pantai Ngrawe atau Pantai Mesra. Lokasinya juga bersebelahan, kok.

Pantai Mesra / Ngrawe
Pantai Mesra – Credit: Instagram.com/yun.ie_

Jadi sobat Tripper nggak perlu memindahkan kendaraan dari area parkir Pantai Kukup untuk menuju ke Pantai Mesra (Ngrawe). Tinggal jalan kaki saja sudah cukup.

Di sebelahnya lagi ada Pantai Baron. Jika sobat Tripper ingin ke Pantai Baron, maka harus memindahkan kendaraan menuju ke area parkir Pantai Baron.

Meski memindahkan kendaraan, tapi sobat Kenzie tidak perlu membayar tiket masuk lagi, hanya perlu menyediakan biaya parkir di Pantai Baron.

Lebih baik dikunjungi sekalian, ya! Rugi dong udah datang jauh-jauh tapi yang dikunjungi cuma Pantai Kukup saja. Padahal kedua pantai tersebut lokasinya bersebelahan.

Demikian informasi lengkap mengenai tempat wisata Pantai Kukup Gunung Kidul. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat sobat Tripper yang sedang / akan berwisata ke Yogyakarta khususnya di Gunung Kidul.

Berikan rating untuk tempat ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *